Kualitas Sperma Tentukan Kesuburan

SPERMA merupakan indikator penting kesuburan pria. Kualitasnya juga akan menentukan peluang memiliki keturunan. Jika seorang pria dewasa hidup normal dan mampu membuat istrinya hamil, kecurigaan terhadap kualitas spermanya mungkin tak akan diragukan.


Sementara bila pria telah menikah bertahun-tahun dan tak juga membuat sang istri hamil, kecurigaan itu pasti muncul dan kebutuhan akan kualitas sperma pun akan menjadi hal mendesak.

Nah untuk Anda yang ingin mengetahui tingkat kesuburan dan segera memiliki keturunan, ada baiknya memeriksakan spermanya. Mengenai hal itu, Dr Anita Gunawan, androlog dari Rumah Sakit Pertamina Pusat (RSPP), menuturkan pandangannya.

“Tes sperma atau sperma analisa (spermiogram) dapat dilakukan di klinik kesuburan. Tapi tes ini dilakukan hanya sebagai penunjang, yang paling penting dilakukan ialah pasutri berkonsultasi dengan ahlinya langsung,” kata Anita kepada okezone saat dihubungi melalui telepon selulernya, Rabu (15/10/2008).

Sperma analisa, sambung Anita, harus dilakukan dengan cara diagnosa. Jadi tak hanya sperma saja yang dianalisa, pemeriksaan fisik, dan tahap wawancara pun harus ditempuh. Langkah ini dilakukan agar dapat mengetahui dengan pasti apa penyebabnya dan dapat segera mengambil tindakan lebih lanjut.

“Pemeriksaan tambahan yang harus dilakukan ialah USG (ultrasonografi) melihat ada tidaknya kelainan, Anda juga harus melakukan pemeriksaan hormonal untuk mengetahui apakah penyebabnya karena hormon, selain itu kalau ada infeksi maka harus diterapi dulu infeksinya,” paparnya panjang lebar.

Ditambahkan oleh dokter yang melanjutkan S2-nya di Universitas Airlangga Surabaya itu, parameter sperma tidak hanya dapat dilihat dari kualitas tapi juga kuantitas.

“Produksi sperma tidak hanya dapat dilihat dari kualitasnya, tapi juga kuantitas. Artinya, fisik seorang pria juga harus dijaga. Diyakini atau tidak, pola makan dan pola hidup yang tepat juga dapat memengaruhi produksi sperma. Jadi agar menghasilkan sperma yang baik, pria harus sehat fisik, jasmani, dan rohani,” ucap konsultan rubrik seksualitas di beberapa media di Indonesia ini.

Lebih lanjut Anita mengutarakan, pola dan gaya hidup yang tidak sehat dapat dipengaruhi dari makanan, terpancar polutan, sering merokok dan minum alkohol, dan stres tidaknya pekerjaan

Sumber: okezone

About kosmoseks

KosmoSeks Bukanlah Blog Porno melainkan kumpulan informasi, tips dan trik sehat dalam hubungan seksual

Posted on May 25, 2011, in Pojok Pria and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: