Penggunaan Ponsel Bisa Menurunkan Kualitas Sperma

BERBICARA dengan ponsel selama empat jam per hari bagi pria berisiko melemahkan kualitas sperma, bahkan berpotensi jadi tidak normal. 

Kaum pria harus berhati-hati dan bijaksana menggunakan telepon seluler (ponsel). Pasalnya, berdasarkan penelitian terbaru para ilmuwan dari Klinik Cleveland menyimpulkan, penggunaan ponsel secara berlebihan memengaruhi kualitas sperma.

”Penelitian kami menunjukkan keterkaitan kuat antara penggunaan ponsel dan menurunnya kualitas sperma. Namun, hal itu bukanlah dua hal yang merupakan sebab-akibat,” tutur Ketua Tim Peneliti Dr Ashok Agarwal, seperti dilansir BBC Online.

Penelitian itu melibatkan 361 pria pada klinik kesuburan di Cleveland. Hasilnya diketahui, rata-rata pria yang sering berbicara menggunakan ponsel setiap hari kualitas spermanya semakin rendah. Bahkan, jika intensitas penggunaan ponsel lebih lama lagi, berpotensi membuat sperma tidak normal.

Ashok dan rekan-rekannya meneliti kualitas sperma 361 pasien yang datang ke klinik mereka selama lebih dari satu tahun. Setiap pasien ditanyakan tentang kebiasaan mereka menggunakan ponsel. Secara umum, para peneliti menemukan bahwa kuantitas dan kualitas sperma menurun seiring meningkatnya waktu penggunaan ponsel. Responden yang menyatakan menggunakan ponsel lebih dari empat jam sehari memiliki kualitas sperma di bawah rata-rata dan kurang normal. ”Dari hasil penelitian kami, diperoleh dugaan bahwa penggunaan ponsel sangat terkait dengan rendahnya kualitas sperma,” ungkap Ashok.

Kendati demikian, ditegaskan dia, bagaimana ponsel memberikan efek langsung pada kesuburan pria ini jelas masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Fertility and Sterility guna menjawab pertanyaan tentang efek potensial ponsel dan peralatan nirkabel lainnya terhadap kesehatan. Beberapa penelitian sebagai contoh ada keterkaitan efek jangka panjang penggunaan ponsel dengan meningkatnya risiko tumor otak.

Adapun, banyak penelitian lain yang menyatakan tidak ada keterkaitan antara ponsel dengan tumor otak. Para peneliti mengungkapkan, gelombang elektromagnetik dari ponsel secara teori bisa merusak sel jaringan tubuh, misalnya merusak DNA. Namun, penelitian ini tidak memberikan bukti seberapa banyak dan bagaimana kerusakan pada sperma itu.

Ashok menyatakan, dirinya sedang melakukan dua penelitian terkait isu ini. Pertama, tentang efek yang terjadi pada sampel sperma apabila terpapar radiasi gelombang elektromagnetik dari ponsel. Kedua, melibatkan responden pria dalam jumlah lebih banyak, yakni tentang kebiasaan dan gaya hidup mereka serta efek pekerjaan yang mungkin terkait menurunnya kualitas sperma.

Sementara itu, penelitian di Jepang membantah tuduhan bahwa ponsel bisa mengakibatkan kanker otak. Mereka menemukan bahwa penggunaan ponsel tidak meningkatkan risiko kanker otak. Penelitian ini pertama kali melihat bagaimana efek level radiasi handset pada bagian otak yang berbeda.

Peneliti dari Women’s Medical University, Tokyo, menemukan bahwa tidak ada bukti meningkatnya risiko tiga jenis kanker otak di antara pengguna ponsel secara rutin.

Dalam jurnal ilmiah British Journal of Cancer, penelitian ini dilakukan dengan membandingkan 322 pasien kanker otak dan 683 orang sehat. Pasien-pasien kanker memiliki satu dari tiga tipe tumor otak, yakni glioma, meningioma, atau pituitary adenoma. Para peneliti mengukur seberapa sering responden menggunakan ponsel dan berapa lama waktu yang mereka habiskan menggunakan ponsel dalam sehari. Mereka meneliti radiasi dari berbagai tipe ponsel dan mengelompokkannya menjadi empat kategori yang berhubungan dengan kekuatan radiasi. Para peneliti juga menganalisis bagaimana masing-masing ponsel memberikan efek pada area yang berbeda di otak.

Penelitian yang dipimpin Profesor Naohito Yamaguchi menyatakan, mereka menggunakan teknik baru dan lebih akurat. Dengan demikian, para peneliti ini menemukan tidak ada keterkaitan antara penggunaan ponsel dan kanker.

Sumber: okezone

About kosmoseks

KosmoSeks Bukanlah Blog Porno melainkan kumpulan informasi, tips dan trik sehat dalam hubungan seksual

Posted on May 25, 2011, in Pojok Pria and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: