Stress Datang Seks Tidak Boleh Hilang

Keintiman emosional juga harus diperbaiki untuk memperkuat hubungan, selain keintiman fisik. Sebab, keduanya berjalan selaras.

KETIKA ajakan bercinta seorang istri ditolak suaminya, ia akan melihat dirinya sebagai seorang pasangan yang tidak memadai. Nyatanya, sebagian wanita percaya bahwa lovability adalah kasih sayang yang ia terima dari pasangannya.

Kini, pernikahan cenderung tidak memiliki kehidupan seks berwarna. Rendahnya harga diri akibat krisis keuangan menyebabkan pria kerap menolak seks wanita.


Kenyataannya, sebagian wanita sudah memahami krisis global, sehingga mereka bisa lebih menunjukkan empati dan tidak menyalahkan pasangan jika kurang berminat dengan seks. Sebaliknya, mereka berusaha dan memotivasi pasangan untuk menangani krisis keuangan bersama.

Sementara sebagian wanita lain justru menambah kesengsaraan suami mereka dengan menuntut, bersikap agresif, dan menyalahkan suami atas kurangnya uang dan seks. Padahal, tuntutan ini hanya memperburuk masalah. Mereka merasa yakin bahwa krisis keuangan mungkin berakhir, tetapi kehidupan seks tidak akan pernah bisa diperbaiki. Untuk itu, mereka perlu dipahami bahwa pikiran sehat dan rileks penting untuk bisa menikmati keintiman fisik yang saling memuaskan.

Keintiman fisik = keintiman emosional

Sebagian wanita wanita dibuat bingung dengan menurunnya minat seks pasangan secara tiba-tiba, mengalami depresi, dan mungkin curiga bahwa suami mereka telah selingkuh.

Dalam kondisi seperti ini, konseling pernikahan atau terapis hubungan bisa membantu memahami kebutuhan emosional masing-masing. Juga, membantu pria bisa mengatasi masalah keuangan dan seksual dengan lebih tenang, kata Dr Minnu Bhonsle, psikoterapis dan konselor di Pusat Konseling Heart to Heart, India, seperti dilansir Times of India.

Seorang pria dapat diajarkan untuk menjangkau dan peka terhadap kebutuhan istrinya, dan wanita dapat dididik untuk tidak memandang segala masalah rumah tangga berpangkal dari dirinya. Dua hal yang perlu diingat, kurangnya minat seks merupakan sebuah fase sementara dan bagaimana pasangan bisa mengatasinya menentukan masa depan hubungan.

Lebih jauh, Dr Minnu mengatakan, keintiman emosional juga harus diperbaiki untuk memperkuat hubungan, selain keintiman fisik. Sebab, keduanya berjalan selaras.

Luangkan waktu berdua untuk merasakan ikatan emosional, seperti saling memijat punggung, bercerita kenangan masa kecil, bicara masa depan anak-anak, dan sebagainya. Masing-masing Anda juga punya waktu untuk diri sendiri, misal hang out bersama teman-teman kantor.

Katakan pada suami bahwa bukan ia sendiri pria yang mengalami masalah libido menurun. Yakinkan padanya bahwa Anda berdua akan dapat melalui masa ini bersama-sama, dan bahwa Anda percaya padanya. Pastikan dia tidak menyalahkan dirinya sendiri, saran Dr Minnu.

Anda bisa membantunya mencari bantuan profesional. Kalau dia merasa nyaman, Anda bisa menemaninya ke konselor.

Sumber: okezone

About kosmoseks

KosmoSeks Bukanlah Blog Porno melainkan kumpulan informasi, tips dan trik sehat dalam hubungan seksual

Posted on May 25, 2011, in Tips and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: