Alasan Seks Menjadi Tidak Nyaman Saat Haid

Beberapa perubahan hormonal yang terjadi selama siklus menstruasi bisa menyebabkan ketidaknyamanan selama hubungan seks yang sebelumnya nyaman dilakukan.

SEJAUH ini, Anda sangat menikmati posisi percintaan doggie style dan posisi di atas. Tapi suatu hari, Anda benar-benar tidak nyaman (bahkan merasa kesakitan) dengan posisi seks tersebut. Mau tahu apa sebabnya?

Pernahkah Anda bertanya, adakah masalahnya karena siklus haid? Dr Vanessa Cullins, dokter kandungan dan kebidanan sekaligus vice president untuk urusan medis di Planned Parenthood Federation of America, memberikan jawabannya seperti dikutip EMandLO.


Beberapa perubahan hormonal yang terjadi selama siklus menstruasi bisa menyebabkan ketidaknyamanan selama hubungan seks yang sebelumnya nyaman dilakukan. Perubahan ini memengaruhi cairan vagina dan juga elastisitasnya. Jika vagina lebih kering atau kurang elastis dari biasanya, hubungan seks tentu jadi tidak nyaman. Solusinya, gunakan pelumas atau lubrikan.

Perubahan normal lainnya yang terjadi selama siklus menstruasi adalah perkembangan dan pelepasan sel telur. Sebagian wanita merasakan nyeri saat haid, saat di mana sel telur matang dilepaskan dari ovarium (ovulasi). Karenanya, sakit saat berhubungan seks bisa lebih buruk untuk sebagian wanita.

Selama siklus haid, organ reproduksi wanita juga bergeser sedikit. Leher rahimbagian bawah rahim yang terletak di atas vaginabergerak sedikit lebih tinggi di dalam tubuh. Ada kemungkinan ketidaknyamanan yang Anda rasakan saat bercinta karena penis memukul leher rahim.

Posisi seks aman

Biasanya, posisi seks yang mengganggu kenyamanan adalah posisi yang menghasilkan penetrasi penis lebih dalam dibanding posisi lainnya. Setiap kali Anda merasa tidak nyaman, pastikan untuk memberitahu pasangan sehingga dapat mencoba posisi seks lainnya, atau jika perlu, berhenti berhubungan seks untuk sementara waktu dan nikmati beberapa jenis permainan seks lainnya.

Adalah juga ide baik untuk melacak kapan Anda merasakan hubungan seks menjadi tidak nyaman. Jika Anda membandingkan tiap siklus haid, bisa jadi inilah yang menyebabkan seks terasa menyakitkan.

Jika ragu, ada baiknya Anda konsultasi dengan dokter, perawat, atau penyedia perawatan kesehatan lainnya untuk mencari tahu penyebab ketidaknyamanan hubungan seks. Dan tentunya, cara terbaik untuk mencegahnya.

Perlu diketahui, tidak lagi dikatakan normal jika hubungan seks sering menyakitkan. Ini bisa menjadi pertanda masalah kesehatan, seperti endometriosis, infeksi, ragi berlebih, reaksi alergi, atau rahim yang miring ke belakang panggul bukan lurus ke atas.

Sumber: okezone

About kosmoseks

KosmoSeks Bukanlah Blog Porno melainkan kumpulan informasi, tips dan trik sehat dalam hubungan seksual

Posted on May 30, 2011, in Alasan dan Alat Bantu Seks, Pojok Wanita and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: